Jumat, 09 Oktober 2015

Jaring

JARING
A.  Geometri Jaring
1.    Sifat Jaring
Sebagian besar alat penangkapan berupa jaring. Bentuk jaring bisa berubah-ubah. Jaring biasanya tidak tahan terhadap gaya lateral, bila sudah terkena cepat sekali menjadi bengkok. Gaya-gaya yang bekerja pada jaring diteruskan oleh benang-benang yeng membentuk mata jaring, sehingga kemungkinan yang terjadi benang jaring akan putus.Sifat khas alat penangkap ikan:
·         Bentuknya menyesuaikan dengan kebutuhan yang diinginkan; luas bisaberubah-ubah.
·         Sifat-sifat dari benang yang akan mempengaruhi jaring itu sendiri;seperti breaking strength, ketegaran, kemuluran, dan sebagainya.Perhitungan yang akan dilakukan secara teoritis, diasumsikan bentuknyaselalu sama (identik) tidak berubah.
Jaring Nilon
Senar gitar dan tali kail (pancing) adalah contoh benang (tali) nilon. Tali nilon termasuk serat tiruan (sintetis atau buatan). Serat ini terbuat dari bahan kimia yang terdapat dalam minyak bumi.
Poliamida (nylon) merupakan serat yang kuat. Nylon yang cukup mahal ialah supernilon yang dapat ditenun menjadi kain-kain yang indah, baik yang menyerupai tweed maupun yang menyerupai brokat emas atau sutera.
Sifat-sifat nylon adalah sebagai berikut:
·         Kuat dan tahan gesekan
·         Daya mulurnya besar, kalau diregang sampai 8%, benang akan kembali pada panjang semula, tetapi kalau terlalu regang, bentuk akan berubah
·         Kenyal, tidak mengisap lengas atau air sehingga mudah kering. Baik digunakan untuk pakaian bepergian terutama pakaian dalam karena ringan dan cepat kering.
·         Pada umumnya tidak tahan panas, kalau bahan di seterika harus dicoba terlebih dahulu dengan temperatur yang rendah.
·         Larut dalam phenol, tetapi kalau dipakai phenol cair akan mengerit dan dapat digunakan untuk membuat hiasan-hiasan.
·         Tahan lindi/alkali dan tidak tahan chlor.
·         Tahan air garam (baik untuk tali dan jala ikan).
·         Tahan ngengat/cendawan.
·         Jika dibakar terlihat meleleh, tidak menyala dan membentuk tepi berwarna coklat.
·         Untuk memperbaiki kualitas nylon dapat dibuat kain renda (lece), dibuat lubang- lubang dan diselesaikan   tepinya dengan cat nylon dan disempurnakan melalui proses nylonizing hingga dapat lebih mengisap, lembut, dan lemas.
·         Mengingat kekuatan nylon yang sangat tinggi maka nylon sangat baik untuk dibuat kain parasut, tali temali yang memerlukan kekuatan tinggi, benang ban terpal, jala dan untuk tekstil industri lainnya. Selain untuk keperluan industri, nylon juga dapat dipakai untuk bahan pakaian, terutama untuk pakaian wanita, kaus kaki dan tekstil rumah tangga seperti gorden jendela atau pintu.




2.    Bentuk dan Luas Jaring
Bentuk: bujur sangkar, segi empat, trapezium, segitiga, dll.

L0: Pada jaring terentang penuh (ditarik tegang)
H0: Tinggi jaring terentang penuh.Hanging ratio:1. Hanging ratio primer:
















B.   Alat Penangkapan Jaring
1.   Jaring Millenium
Jaring millenium banyak digunakan oleh nelayan keuntungan dari jaring millenium ini adalah: tidak mudah tersangkut, umumya relatif lama bisa sampai 10-12 tahun, dan perawatannya mudah, selain itu sejak memakai jaring milleium ini pendapatan nelayan rata-rata meningkat secara signifikan. Jaring millenium juga tidak dapat kusut dibandingkan dengan jaring mono, selain itu.
Jaring millenium berwarna putih yang terdiri dari badan jaring, tali pelampung, tali pemberat, pelampung utama, pelampung dan pemberat. Pelampung terbuat dari plastik yang berbentuk silinder atau berbentuk segi empat dari 1 busa dan diikat pada tali pelampung. Jarak antar pelampung sekitar 2-3 m. Pemberat yang digunakan untuk jaring millenium terbuat dari batu/batu semen. Tali ris terdiri dari 1 tali ris atas dan tali ris bawah. Tali ris berfungsi sebagai tempat menggantung badan jaring baik pada bagian atas maupun bagian bawah. Tall ris atas juga sebagai tempat melekatnya tali pelampung, agar jaring tetap mengapung sesuai dengan kedalamannya yang arah pintalannya berlawanan terbuat dari polyethylen/PE.
Cara Pemakaian Jaring Millenium Cara pemakaian jaring millenium tidak begitu berbeda dengan jaring insang atau gill net. Pengoperasian jaring millenium biasanya dilakukan pada sore sampai malam hari. Diupayakan agar jaring ini dalam pengoperasiannya tidak terkena minyak.
2.   Jaring Angkat (Lift Nets)
Jaring angkat adalah suatu alat penangkapan yang pengoprasiannya di lakukan dengan menurunkan dan mengangkatnya secara vertical,alat ini terbuat dari nilon yang menyerupai kelambu, ukuran mata jaringnya relative kecil yaitu 0,5cm. Bentuk alat ini menyerupai kotak, dalam pengoprasiannya sering menggunakan alat bantu lampu atau umpan sebagai daya tarik ikan

3.   Jaring Insang (Gill Net)
Jaring Insang ( Gillnet ) adalah suatu jenis alat penangkap ikan dari bahan jaring yang bentuknya empat persegi panjang dimana mata jaring dari bagian jaring utama ukurannya sama. Jumlah mata jaring ke arah panjang / horizontal ( Mesh Length / ML ) jauh lebih banyak dari pada jumlah mata jaring ke arah vertikal atau ke arah dalam ( Mesh Depth / MD ). Pada bagian atasnya dilengkapi dengan beberapa pelampung ( floats ) dan dibagian bawahnya dilengkapi dengan beberapa pemberat ( sinkers ), sehingga dengan adanya dua gaya yang berlawanan memungkinkan jaring insang dapat dipasang di daerah penangkapan dalam keadaan tegak.

4. Jaring Lingkar
Jaring lingkar, adalah jaring yang terdiri dari: sayap, badan dan kantong semu membentuk empat persegi panjang atau trapesium yang pengoperasiannya melingkari kawanan ikan ikan. 2. Jaring lingkar bertali kerut yaitu : jaring lingkar yang dilengkapi cincin dan tali kerut, pengoperasiannya dengan mengkerutkan jaring pada bagian bawah. 3. Jaring lingkar satu kapal yaitu : jaring lingkar bertali kerut yang pengoperasiannya menggunakan satu kapal. 4. Jaring lingkar dua kapal yaitu :jaring lingkar bertali kerut yang pengoperasiannya menggunakan dua kapal 5. Jaring lingkar tanpa tali kerut / lampara yaitu: jaring lingkar tanpa menggunakan tali kerut.

5.  Jaring ikan (JALA)
Jaring ikan atau jala adalah alat yang digunakan untuk menangkap Ikan. Jaring ikan yang jerat biasanya dibentuk oleh benang jahitan yang relatif tipis mengikat. Jaring modern biasanya terbuat dari poliamida buatan seperti nilon, meskipun jaring poliamida organik seperti sutra atau wol atau benang sutra umum sampai baru-baru ini masih digunakan.

DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar