Jumat, 28 Maret 2014

SELEKTIFNYA ALAT TANGKAP BUBU KEPITING


TUGAS INDIVIDU

SELEKTIFNYA ALAT  TANGKAP BUBU KEPITING
OLEH
IKE WULANDURI
L23111008




TEKNOLOGI PENANGKAPAN IKAN
FAKULTAS ILMU KELAUTAN DAN PERIKANAN
UNIVERSITAS HASANUDDIN
MAKASSAR
2014


Kepiting merupakan makhluk hidup yang berjalan menyamping dengan mata yang majemuk seperti capung namun tidak dapat digunakan dengan baik. Kepiting memiliki sifat nokturnal yaitu mencari makan pada malam hari dan hanya mengandalkan indera penciumannya. Alat tangkap apa yang sebaiknya dan paling cocok digunakan ? alat tangkap yang cocok menangkap kepiting, terlebih untuk kepiting rajungan yaitu bubu kepiting. Mengapa ? apakah selektif?

Bubu kepiting adalah alat tangkap yang digunakan dengan prinsip memudahkan tangkapan masuk dan sulit untuk keluar. Dan yang di bungkus menggunakan jarring yang memiliki mesh size tertentu, dengan umpan yang dipasang didalam. Rounsefell dan Everhart di acu dalam Rumanjar (2001) menyatakan bubu sebagai alat tangkap yang efektif untuk menangkap organisme yang bergerak lambat di dasar perairan baik di laut (substrat berpasir) maupun di danau.

Alat tangkap bubu ini Ukurannya bervariasi dengan antara 50-60 cm, diameter bagian tengah antara 40 — 50 cm. Pintu terletak di kedua ujungnya dengan diameter antara 15 20 cm. Di bagian tengah badan bubu terdapat pintu untuk mengambil hasil tangkapan. Umpan diletakan ditengah-tengah bubu dengan cara ditusuk dengan bambu atau pengait.

Menurut Klasifikasi Statistik Internasional Standar FAO. Alat tangkap yang memiliki selektivitas tinggi yaitu, alat tangkap tersebut hanya dapat menangkap ikan/organisme lain yang menjadi sasaran penangkapan saja. Ada dua macam selektivitas yang menjadi sub kriteria, yaitu selektivitas ukuran dan selektivitas jenis. Sub kriteria ini terdiri dari (yang paling rendah hingga yang paling tinggi):
1.      Alat menangkap lebih dari tiga spesies dengan ukuran yang berbeda jauh.
2.      Alat menangkap tiga spesies dengan ukuran yang berbeda jauh.
3.      Alat menangkap kurang dari tiga spesies dengan ukuran yang kurang lebih sama.
4.      Alat menangkap satu spesies saja dengan ukuran yang kurang lebih sama.

Dapat diambil kesimpulan bahwa bubu kepiting merupakan alat tangkap yang selektif dimana dari kriteria diatas, bubu kepiting memasuki kriteria 3 dimana Alat menangkap kurang dari tiga spesies dengan ukuran yang kurang lebih sama. Dan dari hasil pencarian di media social serta praktik langsung,  alat tangkap bubu cenderung menangkap kepiting dan hasil tangkapan sampingan sedikit bahkan sebagian tidak ada.

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar